Mengenal Sosok Affandi Pelukis Internasional Kenamaan Indonesia Asal Yogyakarta

Perkembangan dunia seni lukis Indonesia tak pernah lepas dari keberadaan seorang maestro lukis asal Yogyakarta, Affandi. Sosok ini sebetulnya bukan merupakan seniman asli dari kota budaya tersebut. Dia dilahirkan di Cirebon, Jawa Barat pada tahun 1907. Meskipun demikian, di sepanjang karirnya sebagai seniman lukis, Affandi memutuskan menetap di Yogyakarta.

Masa kecil dan masa muda Affandi

Affandi merupakan anak seorang pegawai pabrik gula di Cirebon, R. Koesoema. Dalam masa kecilnya, Affandi termasuk sebagai anak yang beruntung karena bisa mengenyam pendidikan formal di tingkat yang lumayan tinggi. Setelah berhasil lulus dari HIS dan MULO, kemudian dia melanjutkan ke AMS hingga selesai.

Tapi meski memperoleh pendidikan tinggi, Affandi justru lebih tertarik mengasah bakat yang dimilikinya yaitu seni lukis. Dia tidak tertarik bekerja di kantor atau menjadi seorang pelaku usaha.

Di usia mudanya sebelum menjadi pelukis Affandi memang sempat menjalani profesi sebagai seorang guru. Bahkan dia juga pernah menjadi tukang karcis bioskop di Bandung. Selain itu sempat pula menjadi tukang gambar reklame film-film bioskop. Dari pekerjaan terakhir inilah Affandi makin giat menekuni dunia seni lukis.

Karir Affandi sebagai seniman lukis

Karir Affandi sebagai seniman lukis makin terasah pada tahun 1930 saat bergabung di suatu komunitas seni, Lima Bandung. Sesuai namanya, komunitas ini merupakan sekumpulan anak muda yang jumlahnya ada lima orang dan sama-sama mengeluti seni lukis sebagai pekerjaan utama.

Nama Affandi makin terkenal ketika pada tahun 1943 berhasil menggelar pameran tunggal di Gedung Poetra Djakarta. Kemudian setelah Indonesia merdeka, Affandi ikut berjuang dengan para pelukis lainnya. Mereka sering membuat lukisan di gerbong-gerbong kereta api maupun tembok-tembok jalanan yang dilengkapi dengan kata-kata bernada heroik.

Beberapa tahun sesudah itu, Affandi memutuskan meninggalkan tanah air dan berkeliling ke beberapa negara Asia dan Eropa. Dalam penjelajahan ini, Affandi bukan hanya semakin giat belajar membuat lukisan saja. Dia juga sangat aktif mengikuti pameran hingga namanya terus melambung di kancah dunia internasional.

Karya Affandi

Selama menjadi seorang seniman lukis, Affandi berhasil membuat karya lukis dengan jumlah yang fantastis, mencapai lebih dari 2.000 lukisan. Karya-karyanya ini tidak hanya laku keras di Indonesia saja tetapi juga di negara-negara Asia, Eropa bahkan hingga Amerika. Selain itu tidak sedikit karya lukisnya yang dihargai hingga ratusan milyar rupiah.

Dibalik keberhasilan serta ketenarannya sebagai pelukis kondang kelas internasional, Affandi juga dikenal sebagai sosok yang sangat sederhana dan selalu rendah hati. Beliau wafat dalam usia 83 di kota tempatnya berkarir, Yogyakarta dan dimakamkan di area museum pribadinya.