Menikmati Panorama Wisata Alam Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Menikmati wisata pantai di kota Pelajar,Yogyakarta sudah pasti akan menghadirkan pengalaman menarik bagi para traveler. Hingga sekarang Yogyakarta menyuguhkan garis pantai selatan nan apik dimana sudah terkenal dengan pasir putih hingga pemandangan pantai kelas dunia.

Jika bicara soal wisata alam pantai, pantai Pok Tunggal jadi spot wisata menarik dimana sudah terkenal hingga luar daerah Yogyakarta. Keistimewaan dari pantai Pok Tunggal sendiri terdapat pada pemandangan hingga pasir putihnya Jadi bagi wisatawan yang berencana liburan ke kota Gudeg ini harus mengunjungi destinasi yang satu ini.

Lokasi dari pantai Pok Tunggal berada di 70 km dari pusat kota Yogyakarta dan dapat diakses memakai kendaraan pribadi atau sewa dengan durasi tempuh kurang lebih 2 jam. Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Deskripsi Umum

Salah satu pantai terbaik di Yogyakarta ini memperlihatkan panorama keren berupa hamparan pasir putik disertai suara ombak akan memanjakan mata. Ada beberapa spot menarik dimana dapat dijadikan lokasi berfoto.

Tidak hanya itu saja, ada sebuah pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai yang mana sampai sekarang masih menjadi ikon pantai ini. Banyak kalangan bahkan sampai warga sekitar pantai melihat bahwa pohon Duras ini sangat sulit tumbuh sehingga jadi sebuah mukzizat dan akan dijaga oleh warga sekitar. Jadi jangan heran bila pelancong tak diperbolehkan memanjat pohon tersebut.

Tidak hanya menawarkan pemandangan pasir putih saja, tetapi Pok Tunggal juga menghadirkan tebing karang, mirip benteng sebagai pelindung pantai. Mengenai tinggi benteng tersebut sekitar sekitar 50 meter yang menurut rencana akan dikembangkan sebagai objek wisata bagi pecinta panjat tebing. Kebanyakan dari wisatawan akan mencari momen menarik seperti sunset yang bisa terlhat jelas di Pok Tunggal.

Menariknya lagi dari pantai ini juga menghadirkan mata air tawar dimana mengalir di bawah tanah khas dari daerah karst. Dari situlah banyak warga memanfaatkannya sebagai sumber mata air bagi keperluan wisatawan seperti mandi, hingga air minum.

Fasilitas

Mencari fasilitas di pantai Pok Tunggal juga tak sulit sebab ada beberapa fasilitas. Seperti kamar mandi umum, tempat menyewa tenda dome, kamar mandi, tempat ibadah, hingga area parkir yang luas sudah tersedia lengkap. Biaya untuk menyewa tenda dome sekitar 60 ribu rupiah saja, kemudian ada beberapa fasilitas penginapan di sekitar pantai yang bisa traveler pilih

Jadi tidak salah lagi, obyek wisata alam Pantai Pok Tunggal merupakan sebuah destinasi liburan yang sangat mengasyikan untuk disinggahi.