Wisata Pendidikan Bertema Alam Museum Sasmitaloka Yogyakarta

Kota Yogyakarta penuh dengan obyek wisata menarik baik dari tema alam, pusat perbelanjaan, budaya, hingga edukasi. Sudah pasti para pelancong menginginkan kota Yogyakarta sebagai destinasi utama ketika memasuki musim liburan. Maka dari itu setiap pelancong diharapkan mampu memilih tempat-tempat strategis sebagai spot wisata terbaik.

Museum Sasmitaloka Yogyakarta bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obyek wisata pendidikan terbaik yang selama ini menghadirkan banyak keunikan di dalamnya. Tak hanya memperlihatkan banyak aspek edukasi di dalamnya, akan tetapi pelancong bisa melihat benda-benda sejarah yang menarik untuk disimak kisahnya.

Selayang pandang Museum Sasmitaloka Yogyakarta

Museum Samitaloka Yogyakarta masih jadi wisata edukasi bagi penduduk lokal dan luar daerah. Dari nama Sasmitaloka merupakan terjemahan dari kata rumah untuk mengenang. Sehingga para pelancong saat datang ke museum ini akan diingatkan kembali mengenai kisah perjalanan hidup hingga perjuangan dari sosok Jendral Sudirman pada masa penjajahan.

Museum satu ini memperlihatkan kisah sejarah dari kehidupan Jenderal Sudirman yang ketika wafat dimakamkan di Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. Pada awalnya museum ini menjadi sebuah museum Pusat TNI AD. Lalu berubah menjadi Museum Sasmitaloka Pangsar Sudirman di tahun 30 Agustus 1982.

Museum Sasmitaloka memberi 14 ruangan dimana setiap ruangannya menceritakan kronologis mengenai perjuangan hingga kehidupan Jenderal Sudirman. traveler bisa melihat aneka macam penghargaan Jenderal Sudirman mulai dari bintang pangkat, lencana, hingga piagam. Sehingga dengan melihat berbagai macam piagam sampai penghargaan tersebut dapat memberi gambaran mengenai nama Jenderal Sudirman yang begitu besar bagi rakyat Indonesia.

Tidak hanya itu, para turis juga dapat menikmati ruangan dimana menjadi tempat penyambutan tamu. Terdapat lengkap meja dan kursi hingga radio tua yang memperlihatkan sebuah teknologi pada era dulu.

Ada juga lukisan Jenderal Sudirman yang sedang menaiki kuda. Sedangkan dari ruangan lainnya masih berisi beberapa benda seperti dokumen penting, meja kerja, lukisan sampai foto ataupun perabot seperti mesin jahit dari istri Jenderal Sudirman.

 

Dari total ruangannya bisa mencapai 14 ruangan dimana masing-masing memiliki benda-benda unik yang dapat diabadikan di dalam sebuah foto. Jadi wisatawan dapat menikmati kisah sejarah melalui benda-benda di setiap ruangan museum.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung salah satunya berupa tempat parkir yang luas kemudian ada juga tempat-tempat makan di sekitar museum.

Mengenai tarif masuk hanya 2 ribu rupiah saja per orang dan buka setiap hari Senin – Kamis dari pukul 08.00-14.00. Kemudian pada hari Sabtu-Minggu dibuka mulai jam 08.00 – 12.00. Khusus untuk hari Jumatnya Museum Sasmitaloka libur.

Lokasi Museum

Lokasi Museum Sasmitaloka Yogyakarta berada di Jl. Bintaran Wetan No 3 Yogyakarta. Untuk akses lokasi dapat memanfaatkan transportasi umum seperti Busway hingga tranportasi pribadi seperti sepeda motor hingga mobil pribadi.

Lihat secara detail seperti apa kisah sejarah dari sosok Jenderal Besar Panglima Sudirman di Museum Sasmitaloka yang berada di Yogyakarta. Melalui pengetahuan yang begitu lengkap dan detail ini, dijamin para traveler akan bisa membayangkan bagaimana perjuangan dan perjuangan beliau bagi negeri ini. Terutama pada awal-awal bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.