Wisata Pendidikan Seputar Industri Gula di Pabrik Madukismo Yogyakarta

Yogyakarta merupakan lokasi liburan menarik bagi pelancong luar kota maupun mancanegara karena memiliki segudang tempat unik. Tidak hanya dari tempat wisata alamnya saja, akan tetapi ada berbagai macam wisata pendidikan dapat diakses oleh semua pelancong. Sampai sekarang destinasi wisata Pabrik Gula Madukismo yang berada di Kasihan Bantul jadi wisata edukasi bagi anak-anak hingga usia dewasa.

Objek wisata Pabrik Gula Madukismo memang banyak dikenal sebagai destinasi menarik yang bisa didatangi pada akhir pekan dan liburan. Pastinya dari tempat wisata ini dapat menghadirkan banyak keunikan yang sekarang belum banyak diketahui.

Daya Tarik

Pastinya dari aspek daya tarik wisata edukasi di Yogyakarta satu ini mampu menarik perhatian wisatawan. Wisata Pabrik Gula Madukismo ini pada awalnya didirikan pada tahun 1955 dimana mempunyai nama Pabrik Gula Padokan.

Saat zaman penjajahan Belanja pabrik gula ini sempat hancur kemudian dibangun kembali oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dari situlah awal pendirian Pabrik Gula Madukismo yang sekarang menjadi tempat wisata sekaligus penolong rakyat karena menciptakan lapangan kerja.

Pelancong dapat merasakan wisata agro industri dimana terdapat para petani yang melakukan penanaman, pemeliharaan, sampai pemanenan tanaman tebu yang menjadi bahan dasar gula. Jadi setiap turis bisa menikmati beberapa wahana mulai dari menaiki gerbong ataupun lokomotif tua, hingga melihat proses produksi gula secara langsung.

Fasilitas dan tips

Selain menyajikan aneka wahana wisata unggulan dan memanjakan pengunjung, traveler masih dapat menikmati berbagai fasilitas terbaik mulai dari melihat tempat pengolahan gula, tempat ibadah, kamar mandi, area parkir kendaraan yang luas, hingga fasilitas terbaik lainnya.

Setiap wisatawan harus mengetahui beberapa tips saat mau berwisata ke Pabrik Gula Madukismo yakni memantau cuaca terlebih dahulu kemudian bawalah bekal seperlunya saja. Jangan lupa juga membawa kamera sebagai cara mengambil foto ketika traveler mau mengabadikan momen-momen istimewa dan obyek-obyek ikonik.

Lokasi wisata pendidikan ini ada di Desa Kasihan, Bantul Yogyakarta dan dapat diakses dengan angkutan umum, kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor. Biasanya untuk menikmati berbagai pernak-pernik di pabrik gula Madukismo lebih leluasa cobalah menghindari pada akhir pekan ataupun saat hari libur karena diprediksi akan banyak wisatawan yang berkunjung.

Berbagai keunikan hingga kisah sejarah pabrik Madukismo Yogyakarta kini telah jadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Gudeg satu ini. Sehingga setiap traveler punya kewajiban untuk memasukannya sebagai destinasi yang harus dikunjungi.